Sunday, January 2, 2011

Perpustakaan Terbesar di Dunia Telah Kembali


Perpustakaan Terbesar di Dunia Telah Kembali

Sebuah perpustakan terbesar di dunia pernah dibangun. Perpustakaan tersebut teletak di kota Alexandria atau Iskandariyah, 208 km dari kota Kairo Mesir. Didirikan pada awal abad ke-3 SM pada masa pemerintahan Ptolemeus II dari Mesir. Di dalamnya terdapat koleksi manuskrip terbanyak di dunia yaitu 700.000 gulungan papirus. Setelah abad kelima masehi koleksi tersebut hilang untuk selamanya. Perpustakaan tersebut dikenal dengan Bibliotheca Alexandria atau Perpustakaan Alexandria dalam bahasa Arab مكتبة الإسكندرية (Maktabah Al-Iskandariyyah).

Ada tiga kejadian yang menyebabkan perpustakaan tersebut lenyap. Pertama ketika  Julius Caesar, kaisar Roma, memerintahkan untuk membakar perpustakaan tersebut dalam perang melawan Ptolomeus. Tujuannya untuk menghambat gerakan lawan, karena Julius Caesar tahu warga Alexandria begitu mencintai Bibliotheca Alexandria. Sehingga ketika Bibliotheca Alexandria dibakar, seluruh warga Alexandria dikerahkan untuk memadamkan api di perpustakaan tersebut dan meninggalkan Julius Caesar. Tidak kurang dari 40.000 buku hangus terbakar. Hal itu menimbulkan kesedihan mendalam di  hati warga Alexandria. Sedangkan, kerusakan kedua dan ketiga disebabkan oleh  penyerangan  bangsa Aurelian sekitar abad 3 SM dan perusakan oleh Theophilus.
Bibliotheca Alexandria telah kembali dengan gelar yang berusaha dipertahaankannya yaitu sebagai perpustakaan terbesar di dunia. Dibangun di dekat bangunan lama atas tunjukan dari Presiden Mesir saat itu yaitu Hosni Mubarak. Sebenarnya ide pembangunan perpustakaan Alexandria muncul pada awal tahun 1970-an dari akademisi Universitas Alexandria Mesir dan pemerintah Mesir menyambut hangat, tetapi gagal dalam merealisasikannya. Hingga tahun 1980-an ide tersebut muncul kembali. Pada tahun 1989, Mesir mengumumkan kompetisi arsitektur untuk merancang Perpustakaan Alexandria yang baru. Sekitar 650 tim menyerahkan rencana mereka. Pemenangnya adalah Snøhetta, sebuah kantor arsitek kecil di Norwegia yang tidak pernah memenangkan kompetisi dan membangun gedung dalam skala besar. Perpustakaan Alexandria yang baru menghabiskan dana sekitar US$ 200 juta dalam pembangunannya dan resmi dibuka pada tahun 2002.
Perpustakaan Alexandria tepatnya dibangun di dekat gedung Fakultas Seni Universitas Alexandria di wilayah Shatby kota Alexandria. Bangunan yang menghadap ke utara tepat di bibir laut Mediterania ini seperti tengelam kedalam tanah. Berbentuk lingkaran berdiameter 160 m. Konsep lingkaran ini merupakan simbol Mesir menerangi dunia dan peradaban manusia.
Dinding luar terbuat dari batu granit Zimbabwe seluas 8.000 m2. Susunannya terdiri atas batu granit berukuran 2 x 1 m yang pada permukaannya terukir aneka huruf dari berbagai bahasa dunia dalam kurun waktu 10.000 tahun lebih dan lebih dari 500 kebudayaan dunia. Hal ini menimbulkan kesan yang sangat kuat bahwa betapa tingginya kebudayaan manusia dalam bidang tulis-menulis.
Gedung Perpustakaan Alexandria tersebut seperti terpotong miring atau bagian sisi utara gedung seperti amblas ke dalam tanah. Bagian yang rendah, yaitu tepat di sebelah utara terdapat kolam, berguna untuk menetralisasi panas. Atapnya terbuat dari kaca sehingga menerangi dalam perpustakaan. Agar tidak menyilaukan, atap perpustakaan berlantai 10 ini dibuat landai dan berlereng-lereng. Filterisasi cahaya dilakukan oleh langit-langitnya yang berundak-undak, sehingga tidak membuat pengunjung silau. Selain itu, cahaya yang menerobos pada ruangan akan membentuk siluet pada langit-langit setinggi 17 meter dari lantai tersebut.
Perpustakaan Alexandria dapat menampung sekitar 8 juta buku. Koleksi bukunya berasal dari berbagai penjuru dunia dengan berbagai jenis buku dan bahasa. Terdapat ruang baca seluas 70.000 m2 yang menyediakan 2000 tempat duduk. Ruangan tersebut memakai hampir separuh dari total ruangan. Dari sini pengunjung dimanjakan dengan pemandangan laut mediterania di arah utara. Hampir seluruh ruangan dalam perpustakaan ini merefleksikan artistik dari sejarah desain Mesir. Seperti di ruang baca utama yang sangat mempertimbangkan aspek ergonomis, dan kemiringan dinding dan atap kaca.
Selain itu, perpustakaan Alexandria juga mengoleksi ukiran asli, litografi (cetak batu) serta naskah dan buku kuno, foto, dan peta Alexandria oleh seniman dari abad ke-15 dan ke-19, serta sebuah pameran permanen yang didedikasikan untuk karya sastra sinematik dan lukisan dari direktor, desainer produksi dan pembuat film Mesir Shadi Abdel Salam.
Salah satu koleksi terpentingnya adalah salinan langka dari Al-Qur’an. Koleksi tersebut berada dalam sebuah ruangan seluas 344 m2. Didalamnya terdapat 12 kotak pameran yang disumbangkan dari Italia dan 20 kotak pameran buatan Mesir. Terdapat sekitar 120 manuskrip dan buku langka yang dipamerkan dalam kotak ini Ada juga 200 ruang untuk sarjana dan peneliti dan ruang pameran buku langka. Koleksi-koleksi tersebut disimpan dalam kotak khusus.
Di dalam kompleks perpustakaan ini juga terdapat planetarium yang berbentuk bulat di bagian luar. Planetarium tersebut merupakan simbol dari kemampuan manusia ketika dapat mendaratkan kaki pertama kali di bulan.
Terdapat juga sebuah Museum Antiquities. Koleksinya berupa benda-benda antik dan 1.100 dokumen dari berbagai peradaban seperti masa Firaun, masa Islam, masa Yunani, Romawi Kuno dan Koptik. Ada juga artefak yang ditemukan di lokasi pembangunan perpustakaan tersebut.
Jaringan internet yang dimiliki perpustakaan Alexandria ini sangat canggih dan besar kapasitas penyimpanan datanya. Generasi kedua pada tahun 2006 dapat memuat 1.5 petabyte data dalam 23 rak. Sekarang, kapasitas penyimpanan data menjadi 3,7 petabyte yang terdiri dari berbagai macam data dalam 1.636 komputer. Penyimpanan data telah dimulai pada tahun 1996 hingga tahun 2007 mencakup web pages, televisi Mesir dan US, film dan buku digital.
Perpustakaan Alexandria buka dari hari Sabtu-Kamis pukul 11.00-19.00 waktu setempat, sedangkan hari Jum’at pukul 15.00-19.00 waktu setempat. Jika ingin berkunjung kedalam perpustakaan harus rela merogoh kocek sebesar EGP 10 (sekitar Rp 16.000,00) sedangkan untuk melihat pameran lain dapat dikenakan tambahan biaya. Bagi yang ingin berkunjung dalam dunia maya dapat mengunjungi official sitenya yaitu www.bibalex.org.
Sekarang, Bibliotheca Alexandria, sebagai perpustakaan terbesar di dunia telah kembali. Arsitekturnya memadukan budaya masa silam dan masa depan. Jadi pantaslah Bibliotheca Alexandria Berjaya kembali.

Tampak dalam Planetarium
Ruang Pertemuan
Koleksoi Kaligrafi
Koleksi Buku Langka
Recepsionis
Bagian Anak-Anak
Ruang Baca Anak-Anak
Ruang Baca Anak-Anak
Ruang Baca
Rak Buku
Salah satu surat Nabi Muhammad
Science for all

Ruang Anak-Anak
Planetarium
Ruang Koleksi
Planetarium tampak siang hari
Planetarium tampak malam hari
Buku Langka
Vista (Virtual Immersive Science and Technology Applications)
CULTURAMA (Cultural Panorama)
Planetarium
Vista (Virtual Immersive Science and Technology Applications)
 Internet Archive
CULTURAMA (Cultural Panorama)
Gulungan Papirus
Dinding Perpustakaan
Disarikan dari berbagai sumber.

2 comments:

  1. KAMI SEGENAP
    Laskar :
    KOMPENI
    POLRI
    TNI AU
    ............TNI AD
    TNI AL

    Presiden
    Wakil Presiden
    Menteri Agama
    Menteri Badan Usaha Milik Negara
    Menteri Pertahanan
    Menteri Dalam Negeri
    Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia
    Menteri Kebudayaan dan Pariwisata
    Menteri Kehutanan
    Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral
    Menteri Kelautan dan Perikanan
    Menteri Kesehatan
    Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat
    Menteri Keuangan
    Menteri Keuangan
    Menteri Komunikasi dan Informatika
    Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah
    Menteri Lingkungan Hidup
    Menteri Luar Negeri
    Menteri Pekerjaan Umum
    Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal
    Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
    Menteri Pemuda dan Olahraga
    Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
    Menteri Pendidikan Nasional
    Menteri Perdagangan
    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian
    Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional
    Menteri Perhubungan
    Menteri Perindustrian
    Menteri Pertahanan Republik
    Menteri Pertanian
    Menteri Perumahan Rakyat
    Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan
    Menteri Riset dan Teknologi
    Menteri Sekretaris Negara
    Menteri Sosial
    Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi

    Gubernur
    Walikota
    Bupati
    Camat
    Lurah
    Ketua RW
    Ketua RT
    Hansip

    Hacker
    Phreaker
    Cracker
    Scammer
    Defacer
    Script kiddies
    Hacker wannabe
    Newbie
    Spammer
    Junker
    Liker

    Kaskuser
    Facebookers
    NMers

    Tukang ngaduk
    Tukang gorengan
    Tukang bakso
    Tukang pompa
    Tukang jahit
    Tukang palak
    Tukang gali kubur

    Dokter
    Suster
    Insinyur
    Hakim
    Jaksa
    Pengacara

    Manager Hotel
    Manager Restoran
    Manager Sea food
    Manager Supermarket

    Satpam Hotel
    Satpam Moll
    Satpam Kantor
    Satpam Apartemen
    Satpam Indomaret
    Satpam Discotick
    Satpam Ding dong

    Mpok Romlah
    Mpok Encum
    Mpok Jenab
    Mpok Ati
    Mpok Dom dom
    Mpok Cuneh

    Bang Toang
    Bang Toing (adenya bang toang)
    Bang Ale
    Bang Satimin
    Bang Midun
    Bang Kotan

    Engkong Riman
    Engkong Injih
    Engkong Malih
    Engkong Bokir
    Ceu inah
    Ceu anih (bukan adenya ceu inah.. ga tau siapanya)
    Ceu Lia
    Ceu Romlah
    Pak Carik
    Bu Carik
    Ketua RT
    Ketua RW
    Sekretaris
    Bendahara
    Hansip
    Satpol PP
    Satpam
    Ibu kost
    Penjaga warnet
    Tukang Sapu
    Bakul Mie ayam
    Bakul Bakso
    Tukang Sate
    Bakul cilok
    Bakul gereh
    Bakul pindang
    Bakul es dawet
    Bakul srabi
    Bakul sego megono
    Bakul rujak
    Bakul siomay
    Bakul Lobes
    Bakul kentang
    Bakul mlinjo
    Bakul emping
    Bakul alfamart
    Bakul indomaret
    Supir angkot
    Supir truk
    Supir bus
    Supir m0ntor mabur
    Tukang becak
    Tukang netek
    Tukang gebyok
    Tukang nebas jengkol
    Aloy siu
    Randy sukamto
    Modin doang
    Febrian setia hadi
    Karto toyeng
    Ipux ndalipux
    Ipux ledha ledhee
    Mufed weleh weleh
    Risti mo0n
    Suzanna
    Nyi lanjar
    Nyi pelet
    Nyi blorong
    Mak lampir
    Tukang parkir
    Tukang ledeng
    Tukang sedot WC
    Wong ngarit
    Wong angon wedhus
    Pengemis
    Pengamen
    dan Seluruh Kampung

    ............
    ............
    ............

    MENYUKAI KIRIMAN ANDA....
    ´´´´´´´´´´´´´´´´´´´´´´¶¶¶¶¶¶¶¶¶
    ´´´´´´´´´´´´´´´´´´´´¶¶´´´´´´´´´´¶¶
    ´´´´´´¶¶¶¶¶´´´´´´´¶¶´´´´´´´´´´´´´´¶¶
    ´´´´´¶´´´´´¶´´´´¶¶´´´´´¶¶´´´´¶¶´´´´´¶¶
    ´´´´´¶´´´´´¶´´´¶¶´´´´´´¶¶´´´´¶¶´´´´´´´¶¶
    ´´´´´¶´´´´¶´´¶¶´´´´´´´´¶¶´´´´¶¶´´´´´´´´¶¶
    ´´´´´´¶´´´¶´´´¶´´´´´´´´´´´´´´´´´´´´´´´´´¶¶
    ´´´´¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶´´´´´´´´´´´´´´´´´´´´´´´´¶¶
    ´´´¶´´´´´´´´´´´´¶´¶¶´´´´´´´´´´´´´¶¶´´´´´¶¶
    ´´¶¶´´´´´´´´´´´´¶´´¶¶´´´´´´´´´´´´¶¶´´´´´¶¶
    ´¶¶´´´¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶´´´´¶¶´´´´´´´´¶¶´´´´´´´¶¶
    ´¶´´´´´´´´´´´´´´´¶´´´´´¶¶¶¶¶¶¶´´´´´´´´´¶¶
    ´¶¶´´´´´´´´´´´´´´¶´´´´´´´´´´´´´´´´´´´´¶¶
    ´´¶´´´¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶´´´´´´´´´´´´´´´´´´´¶¶
    ´´¶¶´´´´´´´´´´´¶´´¶¶´´´´´´´´´´´´´´´´¶¶
    ´´´¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶´´´´´¶¶´´´´´´´´´´´´¶¶
    ´´´´´´´´´´´´´´´´´´´´´´´¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶

    ReplyDelete
  2. visit my blog

    Download murottal Qori Ziyad Patel
    http://teenagers-moslem.blogspot.com/2011/01/quran-recitation-by-qori-ziyad-patel.html

    Download Wallpaper Islam resolusi tinggi

    http://teenagers-moslem.blogspot.com/2011/01/islamic-wallpaper-high-resolution.html

    ReplyDelete

Hay, silahkan tinggalkan komentarmu