Monday, January 17, 2011

4 Bendera Negeri Syam



Syam merupakan negeri yang sering disebut di dalam Al-Qur’an dan Hadist nabi baik tersirat maupun tersurat. Seperti yang telah di tafsirkan salah seorang ulama Syam Imam Izz bin Abdulsalam dalam kitabnya Targibu Ahlil Islam fi Sukna Biladisy Syam menafsirkan kalimat bumi yang telah kami berkati dalam surah Al-Anbiya ayat 71 dan kalimat kami berkati sekitarnya dalam surah Al-Isra ayat 1 adalah dengan negeri Syam.


Disanalah tempat kelahiran para nabi, salah satunya nabi Isa as. Syam merupakan tempatnya semua agama samawi yaitu Yahudi, Nasrani, dan Islam. Disana juga terdapat Al-Quds kota suci umat islam, dan pernah menjadi pijakan Rasulullah saat Isra’ Mi’raj. Rasulullah sendiri pernah berdoa tentang negeri Syam. Doanya sebagai berikut, dari Ibnu Umar berkata, “Rasulullah SAW bersabda, “Ya Allah, berkahilah  kami dalam negeri Syam dan negeri Yaman.” Sebagian sahabat berkata,  “Dan negeri Najd (dalam riwayat lain: Iraq)?” diriwayatkan oleh Al-Bukhari.
Pada zaman sekarang wilayah negeri Syam telah terbagi menjadi empat negara yaitu Palestina, Yordania, Suriah dan Libanon. Jadi jika ada yang menyebut negeri Syam, maka ke-empat negara itulah yang dimaksud.
Negara pertama yang termasuk kedalam negeri Syam yaitu Palestina. Disanalah tempat suci tiga agama samawi berada, yaitu di Yerusalem atau Al-Quds. Sebenarnya jika Anda mencari dalam mesin pencari di internet negara Palestina sering kali tidak dianggap. Sampai saat ini Palestina masih mengalami konflik dengan bangsa Yahudi Israel. Disanalah seorang tokoh penyemangat Islam lahir, yaitu Syaikh Ahmad Yassin, beliaulah yang telah membentuk organisasi perlawanan HAMAS (Harakah Al-Muqawwamah Al-Islamyah). Sedangkan untuk corak bendera Palestina terdiri atas tiga strip horisontal yaitu hitam, putih dan hijau yang tersusun dari atas ke bawah, dan warna merah berbentuk segitiga di sebelah kiri seperti berkibar.
Bendera Palestina tersebut mirip dengan bendera Yordania terdiri atas tiga strip horisontal berwarna hitam, putih dan hijau tersusun dari atas ke bawah, dan warna merah berbentuk segitiga di sebelah kiri seperti berkibar. Akan tetapi terdapat perbedaan dari kedua bendera tersebut yaitu bendera Yordania pada segitiga berwarna merah terdapat bintang berujung tujuh yang melambangkan tujuh ayat pertama dalam Al-Qur’an.
Sementara itu Suriah, atau paling sering disebut sebagai Syam pada zaman sekarang, corak benderanya tidak begitu mirip dengan bendera Palestina dan Yordania, akan tetapi unsur warnanya sama yaitu hitam, putih, hijau, dan merah. Susunan bendera Suriah terdiri atas tiga strip horisontal berwarna merah, putih dan hitam tersusun dari atas ke bawah dengan dua bintang hijau di tengah-tengah pada strip berwarna putih.
Banyak  tokoh terkenal dan berpengaruh lahir di Suriah, salah satunya Abu Izzudin Al-Qassam. Beliau merupakan mujahid yang syahid di bumi Palestina dalam perlawanannya terhadap Israel. Dikarenakan semangat juang Abu Izzudin Al-Qassam yang tinggi, nama beliau digunakan sebagai nama pasukan khusus HAMAS yaitu Brigadir Al-Qassam.
Sedangkan bendera Libanon agak jauh perbedaannya dengan bendera Palestina, Yordania, dan Suriah, yang terdiri atas tiga strip yaitu warna merah di atas dan dibawah, sedangkan tengahnya strip berwarna putih yang lebih besar ukurannya dan tepat di tengah-tengahnya terdapat pohon cedar yang merupakan pohon yang tumbuh di daerah Libanon.
Syam merupakan negeri yang tak terlupakan walaupun pada zaman sekarang telah menjadi wliayah dari empat negara Arab. Disanalah tempat menetapnya iman ketika terjadi badai fitnah melanda dunia. 
(disarikan dari berbagai sumber)


0 comments:

Hay, silahkan tinggalkan komentarmu